Senin, 03 November 2008

Internet & Website

Manfaat dan perkembangan Internet

Sejarah Internet

Internet berawal dari diciptakannya teknologi jaringan komputer sekitar tahun 1960. Apa sebenarnya jaringan komputer itu ? Jaringan komputer adalah beberapa komputer terhubung satu sama lain dengan memakai kabel dalam satu lokasi, misalnya dalam satu kantor atau gedung. Jaringan komputer ini berfungsi agar pengguna komputer bisa bertukar informasi dan data dengan pengguna komputer lainnya.

Pada awal diciptakannya, jaringan komputer dimanfaatkan oleh angkatan bersenjata Amerika untuk mengembangkan senjata nuklir. Amerika khawatir jika negaranya diserang maka komunikasi menjadi lumpuh. Untuk itulah mereka mencoba komunikasi dan menukar informasi melalui jaringan komputer.

Setelah angkatan bersenjata Amerika, dunia pendidikan pun merasa sangat perlu mempelajari dan mengembangkan jaringan komputer. Salah satunya adalah Universitas of California at Los Angeles (UCLA). Akhirnya tahun 1970 internet banyak digunakan di unversitas-universitas di Amerika dan berkembang pesat sampai saat ini. Agar para pengguna komputer dengan merek dan tipe berlainan dapat saling berhubungan, maka para ahli membuat sebuah protokol (semacam bahasa) yang sama untuk dipakai di internet. Namanya TCP (Transmission Control Protocol, bahasa Indonesianya Protokol Pengendali Transmisi) dan IP (Internet Protocol).

Internet saat ini

Tahun 1989, Timothy Berners-Lee, ahli komputer dari Inggris menciptakan World Wide Web yaitu semacam program yang memungkinkan suara, gambar, film, musik ditampilkan dalam internet. Karena penemuan inilah internet menjadi lebih menarik tampilannya dan sangat bervariasi. Dahulu internet hanya dapat digunakan oleh kalangan tertentu dan dengan komponen tertentu saja. Tetapi saat ini orang yang berada dirumah pun bisa terhubung ke internet dengan menggunakan modem dan jaringan telepon. Selain itu, Internet banyak digunakan oleh perusahaan, lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan, lembaga militer di seluruh dunia untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

Di samping manfaat-manfaat di atas, internet juga memiliki efek negatif dikarenakan terlalu bebasnya informasi yang ada di internet. Sehingga memungkinkan anak-anak melihat berbagai hal yang tidak pantas untuk dilihat ataupun dibaca.

Cara mengakses ke internet

Bila di rumah kita tidak mempunyai komputer yang terhubung dengan internet, kita bisa memanfaatkan warnet (warung internet) atau mungkin di laboratorium komputer sekolah yang sudah terhubung ke internet untuk mencari informasi. Untuk mencari informasi atau data kamu bisa klik/tekan shortcut/gambar jika kamu menggunakan browser Internet Explorer. Kemudian isi alamat situs yang dituju pada Address. Untuk mencari informasi secara cepat, gunakanlah situs pencari seperti : yahoo.com, google.com, e-smartschool.com atau yang lainnya. Setelah masuk ke situs pencari tersebut, masukkan keyword (kata kunci) yang dicari, seperti contoh di bawah ini :

Mencari artikel pada situs e-smartschool.com









Mencari website pada situs Google.com







Menjelajah Internet Dengan Web Browser

Pada artikel sebelumnya, sudah dibahas mengenai internet dan perkembangannya. Nah, sekarang mari kita membahas tentang software (perangkat lunak / program) yang biasa digunakan untuk mengakses internet. Teman-teman sudah mengetahui arti “Internet” bukan? Kata “Internet” merupakan kependekan dari “Interconnected Networking”, dalam bahasa Indonesia artinya jaringan yang saling terhubung. Internet berfungsi untuk menghubungkan seluruh komputer di seluruh dunia sehingga bisa memperoleh informasi baik pendidikan, pengetahuan umum maupun hiburan.

Supaya bisa berkomunikasi secara internasional digunakanlah komputer dengan semua perlengkapannya. Jika sudah ada hardwarenya, tentunya diperlukan softwarenya. Nah, software tersebut dikenal dengan nama program web client yang disebut web browser atau browser saja.

Browser, kata dasarnya adalah “browse” jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah melihat-lihat atau membaca-baca. Jadi browser merupakan suatu software/program yang dikhususkan untuk dapat mengakses dan melihat isi dari sebuah website yang kita akses di internet.

Jenis-jenis Browser

Browser yang saat ini paling banyak digunakan adalah internet explorer dan Mozilla Firefox . Selain itu browser lainnya adalah opera, netscape navigator/communicator, Arena, Lynx serta beberapa browser lainnya. Tiap-tiap browser memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada yang lebih unggul dalam hal tampilan yang serba 3 dimensi, ada juga yang lebih unggul dalam hal kecepatan akses, ada yang lebih unggul dalam masalah keamanan/proteksi dan dalam fasilitas-fasilitas lainnya.

Dari sekian banyak browser, ada beberapa kemiripan fungsi dan fasilitas yang diberikan. Diantaranya adalah :

  1. Umumnya tiap browser menyediakan fasilitas “Address” yang berfungsi untuk mengetikkan alamat situs yang akan kita akses.
  2. Umumnya mempunyai tombol-tombol : “Back” / “Previous” berfungsi untuk kembali ke halaman sebelumnya, “Forward” / “Next” berfungsi untuk maju ke ke halaman berikut yang sudah pernah diakses sebelumnya, “Refresh” / “Reload” berfungsi untuk mencoba ulang akses ke salah satu websit yang kita tuju, tombol “Stop” berfungsi untuk memberhentikan proses “loading” ketika membuka sebuah website.

Tips menjelajah internet

Berikut ini beberapa tips dalam menjelajah internet di rumah maupun di warnet.

  1. Untuk menghemat waktu, bukalah beberapa situs yang dicari sekaligus. Jika menggunakan browser Mozilla hal ini dapat dilakukan hanya dengan membuka satu window saja.
  2. Jika menggunakan komputer di rumah, gunakanlah ISP yang bagus. Baik dari segi biaya, kecepatan aksesnya maupun pelayanannya.
  3. Gunakan search engine untuk memudahkan pencarian informasi, seperti www.google.com atau www.yahoo.com atau boleh juga yang lainnya.

Ketika menjelajah isi internet (browsing) kita mungkin menemukan file (baik berupa text, gambar, ataupun video) yang ingin di download agar bisa di jalankan di PC kita. Karenanya, akan lebih baik jika pada komputer kita sudah terinstal software khusus untuk mendownload file. Fungsi dari software downloader tersebut agar ketika hubungan internet terputus, kita tidak perlu mendownload ulang dari awal. Contoh software untuk mendownload cukup banyak, di antaranya Free Download Manager, Download Accelerator, Mass Downloader dan lain-lain.


Langkah-langkah Membuat Homepage

Jika ingin membuat homepage pribadi ada baiknya untuk membaca dahulu langkah-langkah perencanaan pembuatan website. Di antaranya adalah seperti berikut :

  1. Membuat Sketsa Desain
    Langkah awal untuk membuat web adalah sketsa desain. Yaitu membuat tampilan seperti apa yang kita inginkan. Umumnya, para web designer (perancang web) akan membuat layout desain dengan menggunakan beberapa software.

  2. Membuat Layout Desain
    Software yang biasa digunakan untuk layout (rancangan) desain adalah Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Macromedia Fireworks dan Macromedia Freehand.

  3. Membagi gambar menjadi potongan kecil-kecil
    Setelah layout desain homepage sudah jadi maka sebaiknya file gambar tersebut dipecah menjadi potongan kecil-kecil. Hal ini bertujuan agar lebih mempercepat waktu download atau membuka situs yang kita buat. Untuk melakukan hal tersebut dapat menggunakan software Adobe Image Ready.


    Software ini dapat langsung memotong gambar yang besar tadi dan otomatis juga menjadikannya ke dalam format html. Langkah ini bisa saja dilewatkan bila ukuran gambar kita tidak terlalu besar.

  4. Membuat Animasi
    Pembuatan animasi (gambar ataupun teks) diperlukan agar menghidupkan homepage kita dan juga lebih menarik. Macromedia Flash dan Gif Construction Set / Gif animation dapat dipakai untuk melakukan hal tersebut.

  5. Membuat HTML (Hyper Text Markup Language)
    Setelah itu kita merapikan layout desain kita seperti menempatkan beberapa tombol dan gambar, menambah text, mengedit script HTML, membuat layout form ke dalam format HTML. Untuk itu kita perlu software HTML Editor seperti Macromedia Dreamweaver, Microsoft Frontpage dan Allaire Homesite.

  6. Programming dan Script
    Pengetahuan tentang program dan bahasa (script) yang digunakan pada situs yang kita buat sangat penting. Biasanya script sangat diperlukan untuk pembuatan website e-commerce, iklan baris, lelang, database, membuat guestbook, counter dan forum diskusi. Saat ini programming dan script bisa dibuat dengan menggunakan ASP atau Borland Delphy atau CGI, PHP, Visual Basic. Dan perlu diperhatikan bahwa programming dan script ini biasanya dilakukan setelah desain homepage kita telah jadi.

  7. Upload HTML
    Setelah file kita telah menjadi html beserta gambar dan scriptnya. Kita perlu meng-upload file kita ke suatu tempat (hosting), agar semua orang di dunia dapat mengakses halaman html kita. Biasanya Macromedia Dreamweaver dengan fasilitas site FTP dan Microsoft Frontpage dengan Publishnya telah menyediakan fasilitas upload ini. Atau dapat menggunakan software seperti WS-FTP, Cute FTP, Bullet FTP.
Homepage Pribadi Untuk homepage pribadi atau yang sekedar ingin coba-coba biasanya setelah file html sudah jadi dapat hosting di tempat-tempat gratis, memakai guestbook dan counter gratis dan menambah macam-macam accesories dalam mempercantik homepage pribadi tersebut. Situs yang memberikan fasilitas upload file untuk website diantaranya adalah : http://www.freeserver.com atau http://www.tripod.com.

(http://www.e-smartschool.com/pnk/001/PNK0010006.asp)

Tidak ada komentar: